Kamis, 06 Februari 2014

KETEKUNAN AL IMAM AL KISA'I RAHIMAHULLAH

Ilustrasi Sikap Pantang Menyerah

Di dalam kitab Al-Ilmu karya Syaikh Al Utsaimin rahimahullah disebutkan kisah Al Kisa'i. Beliau adalah seorang ulama Nahwu yg mempuni. Nama Beliau sangat terkenal di kalangan ulama nahwu. Namun, sebelum menjadi tokoh nahwu, siapakah beliau?

Beliau adalah seorang penuntut ilmu yg sempat patah arang untuk terus melanjutkan menuntut ilmu. Hampir-hampir Beliau terseret arus putus asa. Ketidak mampuan untuk menangkap pelajaran dan sulit memahami ternyata membuat beliau ingin berhenti saja dari menuntut ilmu.

Suatu hari, Beliau menyaksikan seekor semut yg sedang berjuang keras. Memanggul makanan di punggungnya. Semut itu sedang berjuang menaklukan dinding yg kemirimannya bisa mencapai 90 derajat.

Setiap kali memanjat, semut itu tejatuh. Berulang kali semut itu mencoba dan mencoba. Akhirnya, semut itu berhasil memanggul makanan sampai ke puncak dinding.

Al Kisa'i termenung. Di dalam hati, Beliau berkata "SEMUT SAJA PANTANG MENYERAH UNTUK MENCAPAI KEINGINANNYA!"


Sejak saat itu, Beliau kembali menuntut ilmu. Berjuang dan berjuang hingga Beliau menjadi Imam/pakar terkenal dalam pembahasan ilmu Nahwu dari kalangan ulama-ulama Kufah. Sampai akhirnya setiap insan yg mempelajari ilmu nahwu, pasti akan menyebut nama Beliau, AL IMAM AL KISA'I RAHIMAHULLAHU TA'ALA.


Oleh karena itu, jika kita merasa kurang cerdas, tidak begitu pintar atau lemah hafalan, maka jangan lupakan sebuah modal besar lainnya! Yaitu KETEKUNAN, sebab ia akan menjadi langkah awal dari sebuah kecerdasan.

Jangan pernah menyerah ketika Anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti mencoba.

Semoga kisah nyata ini bisa diambil ibrohnya. Barokallohu fiikum...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms